Cari Pertanyaan atau Jawaban
Kirim Pertanyaan
Pertanyaan yang diajukan khusus berkaitan dengan Pengadaan Barang dan Jasa.

Frequently Asked Question
BAGAIMANA KITA LUPA DENGAN PASSWORD KITA SEDANG USER ID KITA INGAT DAN APABILA USER DAN PASSWORD KITA LUPA BAGAIMANA KITA MENDAPATKANNYA TKS
jika hanya lupa password lpse bisa langsung dikirimkan ke email dengan fasilitas lupa password di web lpse kota banjarmasin dan jika lupa password di email rekanan harus membuat surat permohonan perubahan email (bermatrai) + membawa berkas asli perusahaan ke lpse kota banjarmasin dan password akan dikirmkan ke email yang baru.
Saya menanyakan untuk 3 hal:1) saya perusahaan yang sudah terdaftar di LPSE Jakarta,apakah saya perlu mendaftar lagi atau bisa langsung ikut untuk pengadaan tender di banjarmasin?2) untuk mengverifikasi dokumen ke aslian,saya perlu ke banjarmasin atau cukup verifikasi di jakarta? 3)jika di jakarta boleh maka saya dapat mengverifikasi dokumen di jakarta dimana?bisa berikan informasi jalan,nama badannyayang dapat mengverifikasi di jakarta?aq tunggu balasannya terima kasih.
perusahaan yang telah terdaftar di lpse jakarta untuk sementara ini jika ingin mengikuti lelang di lpse kota banjarmasin maka harus mendaftar dulu ke lpse kota banjarmasin (karena lpse banjarmasin masih belum berstatus agregasi nasional ) semantara ini untuk untuk verifikasi dokumen, rekanan wajib membawa berkas (asli dan photocopy) ke lpse kota banjarmasin setempat (di banjarmasin). tempat verifikasi berkas di Jalan RE Martadinata No.1 (Balai kota Banjarmasin) bagian pengendalian pembangunan Banjarmasin (Kalimantan selatan)
perusahaan kami sedah mempunyai user id dan pasword tetapi pada saat ini kami tidak bisa me login selalu di tolak lalu saya klick lupa pasword saya ikutin prosedurnya tapi ternyata juga tidak bisa bagai mana ya, petunjuk berikutnya
Untuk bisa login menggunakan user id dan password yang telah di daftarkan, rekanan harus melakukan verifikasi ke lpse kota banjarmasin, biasanya akan ada email dari lpse berisi pemberitahuan kepada rekanan untuk melakukan verifikasi.
1. apa sebabnya nilai pada pengumuman lelang itu ada yang angkanya 0 (nol) apakah ada sebab lain selain kita tidak memasukkan penawaran. 2. kalau perusahaan itu sudah mendaftar disalah satu paket pekerjaan dan dimuat di dalam tabel pendaftar lelang, apakah kita dianggap sudah memasukkan penawaran ? tks
jika ada angkanya 0 ada kemungkinan sebab nya tidak memasukan penawaran (evaluasi dari panitia), kalau perusahaan mendaftar di paket pekerjaan dan muncul di menu (status lelang yang di ikuti) maka status nya telah terdaftar di lelang tersebut, kl status nya sudah memasukan penawaran (kualifikasi dan dokumen penawaran) bisa di lihat di masing masing lelang (biasanya akan muncul tanggal pemasukan dan juga file yang telah dimasukan dalam bentuk *.rhs).
Mau Tanya Pak apabila ingin mengundurkan diri pd proyek yg sdh di daftar. kita kirim surat pengunduran dirinya ke email mana yach? terimakasih
bisa di tanyakan pada saat penjelasan dokumen pemilihan dan kualikfiasi (dimasing masing lelang)
Apakah untuk mengirim data penawaran dan kualifikasi ke LPSE bisa menggunakan perangkat komputer dan jaringan yang sama untuk lebih dari 1 penyedia jasa, tetapi tetap dengan email dan user id masing ?
untuk mengirimkan surat penawaran (*.rhs) bisa menggunakan jaringan internet yang sama, asal berbeda user id.
apakah apendo v.2.1 dapat di download sebelum menyerahkan berkas pendaftara, apakah penggunakan apendo kita berbayar. apakah apendo tersedia dlm bentuk cd pada lpse banjarmasin
apendo untuk penyedia / rekanan sampai sekarang versi 2.2 bisa di download secara gratis di menu masing masing penyedia (setelah login), apendo sifat nya gratis. Jika kesulitan untuk mendownload nya bisa datang ke lpse kota banjarmasin dengan membawa flashdisk (media penyimpanan) untuk di copykan.
pada paket Pembangunan Gedung Kantor Tahap I pada PengadilanAgama Barabai kapan berita caranya dimuat
untuk proses upload berita acara, sistem lpse hanya menyediakan fasilitas, sedangkan proses nya di serahkan kepada panitia pada lelang yang bersangkutan
1.apakah data penawaran / kualifikasi itu dimasukan dalam bentuk pdf atau program excel?2. Bila SIUJK masih dalam proses perpanjangan apakah bisa ikut lelang?
bisa ditanyakan pada saat penjelasan dokumen pemilihan dan kualifikasi (sesuai jadwal) dimasing masing menu lelang yang di ikuti
tujuan jaminan penawaran untuk KEGIATAN : PENINGKATAN JALANPEKERJAAN : PAKET 1( Jl. Agraria, Jl. Kompl. Garuda, Jl. Ampera Gg.20,Jl. Yos Sudarso, Jl. Perumnas Lingkar Basirih,Jl. Akses Ampera Basirih, Jl. Cempaka Sari III-IV,Jl. Agraria Gg. 7, Jl. Cempaka IV dan Jl. Mawar ) dan bentuk format pascakualifikasi ada di dokumen mana
silakan ditanyakan pada saat penjelasan dokumen pemilihan kualifikasi (sesuai jadwal tertera) pada proses lelang
Kami mengharapkan untuk penjelasan atau Anwizing didakan TANYA JAWAB LANGSUNG (antara panitia, Konsultan dan Kontraktor). M kasih
fasilitas untuk tanya jawab langsung antara rekanan dan panitia pada saat penjelasan dokumen pemilihan dan kualifikasi sudah disediakan oleh sistem LPSE, sehingga panitia dan rekanan bisa menggunakannya.
Bagaimana penggunaan USER ID untuk KSO/JO (kemitraan)?Apakah membuat lagi (mendaftar & proses Verifikasi LAGI) atau ada konfigurasi dlm sistem?
satu user dan password masing masing penyedia / perusahaan hanya satu di lpse kota banjarmasin, jika sudah mempunyai user dan password maka bisa mengikuti lelang-lelang yang tersedia dan sesuai dengan kritera perusahaan. jika sudah mempunyai user id dan password dan jika ingin mengikuti lelang tersebut harus menclick list paket lelang yang tersedia (setuju dan ikut lelang). Untuk verifikasi itu nantinya akan diproses oleh panitia (tugas wewenang panitia).
Asw. Kami Panitia Lelang dari Dipenda Prov.Kal.Sel. Thn 2011 akan mengadaakan Pelelangan dengan non e.proc tapi pengumuman lelang melalui LPSE Banjarmasin. Mohon bantuannya apakah Pengumuman Lelang dimaksud bisa kami kami kirim via email
untuk lelang non eproc lewat lpse kota banjarmasin, skpd harus terdaftar dulu di lpse kota banjarmasin beserta panitianya.
Ibu Saya sudah verefikasi dokumen dan sdh dp password, dan sudah mendaftar lelang tapi saya tidak bisa mendownlod dukumen lelang (barang yg dilelangkan)tanks
Untuk dapat mendownload dokumen lelang, peserta harus terdaftar dulu (setuju & ikut lelang) di bagian Fakta Integritas di masing masing lelang yang akan di ikuti. Jika sudah menyetujui fakta integritas maka rekanan bisa mendownload dokumen lelang di masing masing lelang yang diikuti sesuai dengan jadwal yang berjalan.
asw. saya rushadi dari bbat mandiangin kab banjar. mau tanya ; 2011 kami akan lelang lewat e-proc, tapi personil kami belum mumpuni. untuk itu kami ingin pelatihan. bgm caranya. menurut informasi pusat tanpa biaya. terima kasih atas infonya.
jika ingin mengikuti pelatihan bisa menghubungi helpdesk (erly) atau admin (ardi) dengan no hp yang tertera di website lpse kota banjarmasin untuk di carikan jadwal untuk mengikuti pelatihan.
Untuk Upload Akta Pendirian perusahaan, itu di upload semua atau apa saja yang perlu di upload? terimakasih sebelumnya untuk jawabannya.
Akta pendirian dan Akta perubahan (jika ada) di upload seluruhnya
Apakah yg mendaftar ke Sekretariat LPSE Banjarmasin harus Direktur atau bisa diwakilkan dengan membawa Surat Kuasa?
Untuk mendaftar ke LPSE Kota Banjarmasin tidak memerlukan surat kuasa jika yang datang adalah Direktur nya langsung, akan tetapi jika di wakilkan oleh staf / orang lain maka harus membawa surat kuasa.
User ID sudah saya terima tp kok, Password nya blm ada bagaiman kami mau mendaftarkan perusahaan kami. mohon komfirmasi secepatnya krn waktu lelang hanya tinggal berapa hari lagi. Tq
Jika sudah di verfikiasi tapi belum mendapatkan password silakan datang ke lpse kota banjarmasin untuk konfirmasi nama perusahaan, jika belum me lakukan verifikasi secara manual silakan untuk verifikasi langsung ke kantor lpse kota banjarmasin.
Apa maksudnya dari Akte Pendirian Belum Di Upload? Padahal Data Penyedia Kami Sudah Terdaftar Semua Termasuk Akte Notaris di LPSE, & Saya Coba Upload ulang Nggak Bisa Juga, Gimana Solusinya?
Jika ada kesulitan dalam upload silakan datang ke kantor lpse kota banjarmasin
kami mendaftar di LPSE banjarmasin seandainya kami mau ikut lelang diwilayah martapura atau banjarbaru apa kami harus mendaftar di LPSE banjarbaru juga,sekian terima kasih
Untuk saat ini jika terdaftar di lpse kota banjarmasin maka paket paket lelang yang di lelangkan lewat lpse kota banjarmasin akan bisa di ikuti sesuai dengan persyaratan yang berlaku, untuk daerah lain jika sudah ada lpse nya bisa mendaftar di lpse daerah tersebut untuk mengikuti lelang.
apakah bisa perusahaan (PT) yang berasal dari luar propinsi kalsel mengikuti pelelangan di wilayah kalsel ?
LPSE kota banjarmasin, menerima seluruh peserta lelang yang ingin mendaftar dan mengikuti lelang di lpse kota banjarmasin.
untuk regristasi LPSE banjarmasin, apakah harus dilakukan setiap tahun? padahal tahun 2009 kemaren kami telah melakukan regristasi?
Registrasi cukup dilakukan satu kali saja.
Kami sudah mempunyai User ID dan Password LPSE D.I Yogyakarta, untuk user id dan password tersebut apa bisa saya gunakan untuk login di LPSE Kota Banjarmasin? Mohon penjelasan, terima kasih.
Untuk sementara ini, user id di lpse Yogyakarta belum bisa digunakan di lpse kota banjarmasin sebelum mendaftar dan di verfikasi oleh lpse kota banjarmasin.
Mohon dibuatkan Flowchart+penjelasan mengenai tahapan lelang dg LPSE, mulai dari cara mendaftar (berkas-berkas apa saja) - file apa saja yang yg diperlukan dan file tsb harus diproses seperti apa? kalo bisa beserta contoh. hingga ke tahap pemasukan penawaran. Panduan yg ada ga up to date (tidak user frendly). (Panduan yg baru nanti dibuatkan dlm bentuk PDF dan bisa di unduh oleh calon peserta) Trimakasih
untuk pembuatan manual yang lebih user friendly akan segera kami usahakan, semoga bisa cepat selesai pembuatannya.
Sejak hari Kamis tgl 16 Juli 2009 saya tidak dpt membuka lagi e-procurement Kota Banjarmasin, dan sdh 2 kali pula saya mintakan / diberikan password baru, tetapi tetap tidak bisa dibuka. Bagaimana langkah selanjutnya ? Terima kasih.
di sistem kami, kami telah mencheck bawah user id anda telah masuk ke system terakhir kali pada tanggal 17 Juli 2009 Jam 09:34. Berarti user id dan password anda telah benar.
Kesalahan apa yang menyebabkan kami tidak bisa login dan bagaimana perbaikannya sehingga bisa login lagi. Setiap kami login dijawab "operasi yang anda lakukan terakhir salah dan tidak bisa dilanjutkan"
Jika ada pesan tersebut, bersihkan/delete cookies atau history (yang ada di web browser anda (Mozilla firefox / Internet Explorer) dan jangan lupa restart komputer anda. Jika masih tidak bisa login silakan contact admin lpse banjarmasin ke email : lpse@banjarmasinkota.go.id atau dengan datang langsung ke kantor lpse kota banjarmasin.
apakah pada saat anwijzing, kita bisa lsngsung tanya jawab, apakah panitia dan konsultan juga langsung dihadapan komputer (ONLINE)
Untuk fasilitas anwijzing, sistem lpse sudah menyediakan fasilitasnya di website lpse.banjarmasin.go.id yang bisa digunakan oleh Panitia maupun rekanan secara langsung.
Kenapa pada saat pembukaan penawaran tidak ditampilkan siapa saja yang memasukkan penawaran (penyedia jasa) dan nilai penawarannya berapa serta apakah penawarannya sah atau tidak sah (seperti jalnya pelelangan secara manual), mohon informasi
Saat pembukaan penawaran memang tidak ditampilkan karena fasilitas tersebut belum di sediakan pada system sehingga berita acara hasil pembukaan penawaran di upload bersama sama dengan berita acara hasil evaluasi dan nantinya akan dapat dilihat ataupun di download (unduh) pada saat pengumuman pemenang. Mungkin nantinya akan ada fasilitas ini pada versi yang akan datang.
Aanwijzing Pengadaan pipa Diameter 400 mm, Pengadaan pipa distribusi, dan pengadaan pipa air bersih tanggal 2 juli 2009 bertempat dimana, lewat internet atau dihadiri ?
Annwijzing dilaksanakan melalui internet, dengan fasilitas yang ada di dalam menu masing masing rekanan dengan menclick link [ Kirim Pertanyaan ] di masing masing lelang.
Bagaimana apabila status penawaran telah terkirim tetapi tidak ada konfirmasi pada email? Apakah dokumen kami telah diterima? Sebab kami tidak bisa mengecek apakah dokumen kami diterima atau belum karena rekanan2 yang mengikuti lelang tidak ditampilkan di web site LPSE.Trims
Untuk memastikan apakah penawaran sudah masuk atau belum tidak hanya lewat email akan tetapi lewat menu di website LPSE Kota Banjarmasin pada masing masing penyedia dengan melihat status nya, jika status nya keterangan nya sudah terkirim pada tanggal dan jam serta menyebutkan nama file serta nilai hash nya. berarti sudah terkirim ke dalam server. jika masih belum menerima konfirmasi lewat email kemungkinan masih dalam proses antrian di server LPSE pusat.
Bagaimana kalau setelah kita mengirim dokumen penawarani belum ada konfirmasi dokumen terkirim ke email kami, tapi hash key sudah benar/sama.Apakah dokumen kami benar2 sudah diterima dengan baik walaupun tidak ada konfirmasi pada email kami. Terimakasih
Jika data telah terkirim maka lihat kembali di status apakah terkirim atau belum, jika sudah terkirim maka akan muncul tulisan status sudah terkirim berdasarkan tanggal dan jam. Konfirmasi lewat email akan otomatis di kirimkan oleh system ke email rekanan yang telah memasukan dokumen penawaran.
kami sudah mendaftar dan sudah ke kantor LPSE Banjarmasin untuk memperlihatkan dokumen asli dan menyerahkan fotocopynya, tapi sampai sekarang belum mendapatkan kiriman email password, mohon bisa segera dikirim, terimakasih..
Jika masih belum menerima password silakan datang ke kantor LPSE Kota Banjarmasin.
Bagaimana untuk mengetahui jumlah peminat dalam sebuah lelang yang sedang berjalan? dan bagaimana mengetahui pemenang atau calon pemenang untuk sebuah lelang?
Untuk mengetahui jumlah peminta di sebuah lelang bisa di lihat di jumlah rekanan yang telah mendaftar untuk mengikut lelang tersebut dan itu ada di halaman depan website LPSE Kota Banjarmasin atau di click menu Semua di daftar lelang. Untuk mengetahui pemenang lelang bisa di lihat di masing masing menu peserta lelang yang telah memasukan user id dan password nanti akan muncul informasi pemenang lelang jika nama pemenang lelang sudah di tetapkan.
Mohon penjelasan! Apakah berita acara pembukaan penawaran memang tidak diaploud pada wall LPSE Banjarmasin, trims
Untuk berita acara pembukaan penawaran diserahkan ke masing-masing panitia lelang, apakah mau diupload di bagian depan (berita) atau dimasukan bersama sama dengan dokumen berita acara hasil evaluasi pada saat upload berita acara evaluasi.
Usulan kepada panitia dan pengelola LPSE agar berita acara pembukaan penawaran dipublikasikan pada hari pembukaan penawaran tersebut. trims
Terimakasih atas usulnya, akan diteruskan ke pihak yang terkait.
Mohon informasi pembukaan masalah pengumuman lelang agar kami dapat melihat secara langsung nilai para peserta yang ikut dalam lelang tersebut melalui email mohon dijawab memalui email kami trims
Nilai penawaran para peserta lelang telihat pada saat pengumuman pemenang lelang, dan hal tersebut bisa di lihat di website LPSE Kota Banjarmasin.
Setelah kami mengikuti pelelangan LPSE Kota Banjarmasin, kami merasa sangat dirugikan dalam hal sarana dan prasarana keterbukaan lelang, kami mengikuti lelang dengan berbagai macam komando yang diberikan pihak LPSE sampai kunci pengaman dan kunci pengiriman data sukses, semua itu kami lakukan, akan tetapi pada saat pembukaan penawaran CV.kami tak tertayang begitu pula yang lainnya. Sampai pada saat penetapan pemenang baru diberi tahu bahwa ada salah satu dokumen yang tidak masuk, padahal balasan LPSE saat kami kirim data selengkapnya dan kami cek dengan kunci pengaman semuanya lengkap diterima LPSE Kota Banjarmasin. Bagaimana ini ?
Dokumen penawaran yang di kirimkan dari rekanan yang bertanya (CV. Ramadhan Group) setelah di buka oleh panitia (file .RHS) ternyata ada beberapa file yang dikirimkan adalah file yang telah terinfeksi virus sehingga extensi file menjadi file .EXE, sedangkan file XLS masih bisa dibuka. Panitia sudah berusaha untuk membersihkan maupun mensplitter file tersebut akan tetapi hasilnya tetap tidak bisa dibuka. Dan hal tersebut ternyata terjadi di beberapa paket (Paket 8, Paket 7, Paket 6, Paket 5) normalisasi sungai. Sebelum mengirimkan dokumen penawaran (pada saat memasukan ke aplikasi Apendo) untuk rekanan diharapkan agar file yang dimasukan adalah benar benar file yang berbentuk dokumen (bebas virus) dengan cara menampilkan extensi dari file tersebut dan jika extensinya adalah (doc/x.EXE atau xls/x.EXE atau tipe nya APPLICATION) kemungkinan besar file dokumen penawaran tersebut telah terinfeksi virus walaupun tampilan icon nya dianggap sebagai file yang benar (icon Ms. Word / Excell) sehingga nantinya file tersebut tidak bisa di buka oleh panitia.
kenapa tidak ada respon, maka kami sudah memasukkan User ID dan Password yang benar tapi selalu tidak biisa konek, bagaimana kami bisa mendaftar dan melakukan penawaran lelang yang diadakan?
Jika sudah mendapatkan user id dan password, silakan check kembali alamat website yang dimasukan, pastikan alamat nya sudah benar. Perhatikan juga User id yang telah didaftarkan dan password yang sudah didapatkan di dalam email. Jika user id dan password nya salah maka ada pesan kesalahan, tapi jika tidak bisa konek (tidak jelas) bisa langsung datang ke LPSE Kota Banjarmasin pada hari dan jam kerja untuk mencobanya.
jaminan penawaran kami masuk 6 dan kami cuma bisa mengupload 2 penawaran apakah yang tidak terupload dianggap mengundurkan diri
Jika file penawaran tidak terupload sempurna / upoad gagal / filenya corrupt (invalid / tidak bisa dibuka oleh panitia) maka dianggap tidak memasukan penawaran.
Jadi pak, yang dikirim sebagai dokumen penawan dan kualifikasi berupa file enkripsi dgn extension rhs, apa benar demikian ? Trims
Dokumen Penawaran yang dikirimkan adalah file yang sudah di enkripsi menggunakan Apendo, dengan hasil file berextensi .RHS atau RHS file.
apa nama email untuk pengiriman pengunduran diri ?
Untuk pengunduran diri lihat kembali ketentuan yang ada di dokumen lelang yang di ikuti.
Upload SBU dan SIUJK apakah harus selalu menggunakan aplikasi MD5 apakah bisa file zip saja, terima kasih
Untuk dokumen penyedia (yang dimasukan ke data penyedia) bisa menggunakan berkas file PDF, jika dokumen penawaran harus menggunakan aplikasi apendo ( *.rhs)
Kami ingin memasukkan berkas reg. LPSE, dimanakah tepatnya sekretariat LPSE kotaBanjarmasin dengan dengan person siapa. tks
Sekretariat LPSE Kota Banjarmasin beralamat di Jl. RE Martadinata (Bagian pengendalian pembangunan) kontak person Ibu Ratna
kenapa setiap kali saya mau login selalu gagal dg konfirmasi bahwa user ID dan password yg saya masukkan salah? tq
Jika gagal untuk login ke lpse kota banjarmasin, silakan click tombol login dan pilih Lupa Password (masukan user id dan email yang terdaftar di lpse kota banjarmasin) untuk mengirimkan kembali user id dan passwordnya
apakah boleh file penawaran dan lain-lainnya di jadikan satu dalam bentuk PDF..?
Bentuk format file dokumen penawaran tergantung atas permintaan panitia lelang yang dijelaskan dalam dokumen lelang maupun di dalam aanwijzing.
Kami kesulitan dalam pembuatan dokumen penawaran misalkan dalam bentuk PDF atau Doc adakah software atau aplikasi yang sifatnya free (bebas) untuk digunakan tanpa harus membayar ?
Ada beberapa alternatif penggunaan software yang sifatnya free (bebas) tanpa harus membayar yaitu bisa menggunakan aplikasi : FoxitReader (Menampilkan file dalam bentuk PDF) Download : http://www.foxitsoftware.com/pdf/reader/download.php OpenOffice (Pengganti Ms. Office dan bisa menyimpan dalam bentuk PDF) Download : http://download.openoffice.org/other.html#en-US Paint.NET (pengolah gambar / image) Download : http://www.getpaint.net/download.htm
Bagaimana kita mengirim data CV. yang di scan untuk persyaratan lelang. Bagaimana kita tahu bahwa data-data CV. kita telah terkirim ke LPSE Bjm dan dimana kita cek data yang terkirim. Terima kasih
Lihat status pengirimannya, jika sudah terkirim akan muncul nama file serta tanggal pengiriman. untuk pengiriman dokumen penawaran jangan di akhir waktu sebab ada kemungkinan file tidak terupload sempurna
Untuk mengirim file dokumen penawaran dan dokumen kualifikasi, apakah dijadikan satu dalam file zip ? atau dalam satu file format XLS saja ? dan dimana saya bisa mendapat tutorial penggunaan Aplikasi Pengaman Dokumen (APENDO) ? Terima kasih sebelumnya.
Gunakan aplikasi apendo untuk penyedia / rekanan untuk mengenkripsi dokumen yang ingin di kirimkan ke panitia (dokumen penawaran), sebelum di apendo, jika file nya banyak jangan di ZIP / RAR, biarkan tetap seperti aslinya (doc, xls, pdf, jpeg dll), sebab jika di ZIP / di RAR terlebih dahulu sebelum di apendokan (dijadikan file .RHS) kemungkinan file tidak akan bisa di buka
Saya sdh punya user id dan password-nya, trus ada lelang saya juga sudah mendaftar, terus bagaimana kelanjutannya, mohon informasi yang simpel, trims sebelumnya
Lihat kembali Jadwal Dari Proses Lelang tersebut misalkan kapan tanggal Download Dokumen, Penjelasan Dokumen, Upload Dokumen Penawaran dll.
Kapan dan bagaimana cara ikut bimbingan dan pelatihan website LPSE Banjarmasin dan Aplikasi Apendo? mohon infonya...hotline yang ada tidak menjawab telpon.
Untuk ikut pelatihan di LPSE Kota Banjarmasin bisa menghubungi hotline 05117070309, atau datang langsung ke kantor lpse kota banjarmasin (jl. RE Martadinata) Bag. Pengendalian Pembangunan untuk meminta jadwal pelatihan.
12